Cara Menjadi Menter

Apa itu MENTER? Dalam kamus besar bahasa Indonesia, tidak ditemukan adanya kata menter.

Dalam live streaming, menter sering diartikan sebagai host yang memiliki target besar atau minimal memiliki target diatas rata rata. 

Menurut saya, salah konsepnya ketika seorang host dikatakan menter jika yang spend (memberikan gift) hanya 1 orang. Kata menter itu tidak hanya diartikan dan dinilai dari target. Menter itu lebih diartikan sebagai terkenal (famous) dan secara otomatis target akan naik seiring banyaknya viewers baik yang berbagi dan nyaman dengan kamu.

Sebelum kamu membaca lebih lanjut, pastikan kamu sudah membaca dan menerapkan "Cara Menjadi Host yang Disenangi" terlebih dahulu. Karena akan sia-sia jika kamu dikenal dimana-mana namun pembawaan kamu pada saat Live tidak membuat viewers nyaman. 

Banyak host yang menyerah dengan live streaming, karena merasa sudah sering keliling tapi viewersnya gitu-gitu saja, mau target minimal susah setengah mati, pendapatan di live streaming habisnya di live streaming.

Stop berpikiran seperti itu! perbaikilah caranya.

Cobalah untuk melakukan hal dibawah ini supaya kamu mulai dikenal sehingga bisa menter di dunia live streaming dan target juga bisa mengalir dengan mulus.

Sering keliling

Keliling dunia live streaming, berkenalan, follow-follow an merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan supaya ada yang tahu bahwa kamu adalah seorang host / VJ. Jangan menggunakan pascol untuk melakukan aktifitas keliling, karena percuma saja pascol kamu yang dikenal.

Jangan sering gonta ganti nama, buatlah nama inisial yang unik sehingga mudah diingat.

Sama seperti kita berjualan, kita perlu memperkenalkan brand / merek kita terlebih dahulu. 

Hampir 70% orang saat membeli sesuatu yang pertama dilihat adalah mereknya. Oleh karena itu, membangun nama kamu di live streaming adalah hal wajib yang harus kamu lakukan agar kamu dikenal.

Sebagai permulaan, ada baiknya kamu mulai mengelilingi dan berkenalan dengan teman teman satu agency kamu terlebih dahulu. Apabila sudah kenal semua, maka lanjutlah berkeliling ke room anak agency lain.

Sering Ngomal

Ngomal di host yang lebih senior atau lebih terkenal sering dicap sebagai pansos. Nah, Bagaimana caranya menjadi menter tanpa pansos? 

Tidak ada yang salah dengan PANSOS!!

Yang salah adalah CARA dan TUJUAN nya!!

Kamu perlu tahu tata cara ngomal yang baik agar kamu tidak dianggap pansos.

Pastikan kamu tidak melakukan hal seperti ini, karena keliatan banget kamu sedang mencoba pansos.

  1. Jangan masuk dan request naik komal cuma disaat host diglobalin aja, disaat hostnya tidak ditemanin spendernya, tidak ada batang hidung kamu sama sekali.
  2. Jangan naik komal kemudian mematikan kamera lalu parkun (parkir akun).
  3. Saat ngomal, jangan bertingkah seperti caper (cari perhatian) contohnya saat hostnya asik membahas sesuatu, kamu datang dan ingin membawakan lagu (mending suaranya bagus). 
  4. Jangan membuat risih viewers host yang kamu komalin, salah satunya dengan ngode supaya di gift (beda cerita kalau kalian memang sudah dekat, karena tidak semua orang nyaman dengan itu)
  5. Jangan malu untuk menerima challenge atau mengajukan challenge saat di gift apalagi dikomal host lain. (sebagai formalitas supaya kamu gak dicap sebagai host gumawo)
  6. Jangan cuma keliling atau ngomal disaat event (contoh : besok PK) atau menjelang tutup target sembari nunjukin - (minus target di depan nama).

Jadi gimana bagusnya? 

  • Sebelum memulai pertualangan pansosmu, silakan melakukan pengamatan terlebih dahulu siapa host yang memiliki viewers yang banyak. Usahakan memilih target yang kontribusi top 1-10 nya sedikit yang merupakan host. 
  • Mulai mengikuti jadwal live host tersebut secara rutin dan naik komal.
  • Saat berada di komal, jangan off-cam atau cuman parkun tapi berbaurlah dengan percakapan antara host dan viewersnya sembari menunjukan bagaimana karakter kamu.
  • Jika kamu memiliki bakat atau kemampuan lebih, jangan sungkan untuk memperlihatkannya kepada viewers sebagai pembuka suasana. (ini lihat situasi dan kondisi, lakukan ini disaat room hening, atau tidak ada percakapan).
  • Disaat host sedang ada keperluan (seperti ke toilet dll), bantulah untuk menjadi co-host dengan menyapa dan mengajak komunikasi viewers agar tidak merasa kehilangan hostnya.
  • Berilah dukungan moril kepada hostnya saat host PK dan disaat hostnya ada masalah. 
  • Ikutlah berkontribusi walaupun kecil, namun jangan pernah mengharapkan imbalan.

Nah, cara ini kamu terapkan ke beberapa host, jangan hanya lingkungan host itu saja.