Cara Menjadi Host yang Disenangi

Pada dasarnya ngelive memang tidak susah, kamu hanya perlu berada di depan video kamera seperti layaknya sedang Video Call. 

Tapi, tidak semudah itu untuk menjadi seorang host yang memiliki banyak viewers dan membuat room kamu ramai.

(Sebelum lanjut, perlu dicatat diatas saya mengatakan viewers bukan spender loh ya..)

Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Berikut ini hal hal kecil yang harus kamu perhatikan saat ngelive, jangan sampai karena hal kecil ini membuat viewers kamu tidak nyaman. 

Sebelum Memulai Siaran Langsung

Penampilan

Nah, banyak host yang melakukan live apa adanya, bahkan ada yang baru bangun tidur belum mandi, sudah ngelive.

Yaelah, cuman durasian aja kok.. (nah ini salah besar!!)

Tanpa munafik saya mengatakan hal yang pertama dilihat penampilan hostnya. 

Penampilan adalah nomor 1, kalau kamu cantik maksimal ya gak heran kalau ada viewers cowok yang berlama lama di room kamu. Tapi kalau biasa biasa saja? (Mohon maaf nih, bukan body-shaming)

Kalau kamu merasa biasa saja, maka yang harus kamu lakukan adalah membuat penampilan kamu menarik. Cobalah untuk sedikit merias diri tapi jangan sampai terlalu berlebihan. 

Selain menghias diri, kamu juga harus memperhatikan penampilan lainnya seperti baju yang digunakan. Memang ada beberapa aplikasi yang mewajibkan untuk hostnya berpenampilan seksi untuk menghibur viewersnya. 

Menurut saya ini salah besar! Kamu tidak perlu tampil terbuka atau barbar untuk dapat banyak viewers! (Hanya pascol saja yang tertarik sama itu!! Seorang spender besar dan terkenal juga akan gengsi dan malu kalau ketahuan rupanya stay di room barbar). Jadi, pilihlah baju yang rapi, sopan dan enak dilihat.

Pilih Waktu Yang Pas

Memilih waktu live yang pas merupakan salah satu hal kecil yang perlu kamu perhatikan agar bisa memiliki banyak viewers. Coba atur waktu yang konsisten supaya viewers kamu tahu kapan waktunya kamu live. 

Usahakan memilih waktu yang memang rame dan waktu senggang viewers kamu. Berdasarkan pengalaman saya sebagai salah satu user Mico Live, Boom Live, Wish Live, Yoha Live, dan Seal Live jam yang rame menurut saya adalah : 

  • Pagi / Siang : sekitar jam 10 pagi - 2 siang
  • Sore / Malam : sekitar jam 5 sore - 8 malam
  • Malam / Dini Hari : sekitar jam 10 malam - 2 pagi

Data diatas merupakan versi saya, mungkin banyak yang tanya kok ada jeda antara jam 8 sampai jam 10? memang tidak ramai? 

Bukan tidak ramai, tapi pada umumnya PK (perang koin) dilakukan antara jam 8 - 10 malam. 

Perhatikan Kondisi Perangkat Live

Kalau ini memang hal kecil, tapi harus kalian perhatikan juga demi kelancaran live kamu. Sebelum ngelive, coba dicek batre hp nya. Jangan lagi asik asik ngobrol tiba tiba padam karena kehabisan batre. 

Kemudian gunakan smartphone yang tidak mudah panas, karena sering lag saat hp nya panas. 

Pastikan koneksi internet kamu stabil dan jangan lupa untuk mempersiapkan kuota untuk jaga-jaga apabila wifi kamu terputus sehingga tidak mengganggu live kamu. 50% viewers akan lari kalau koneksi kamu tidak stabil, rasanya capek kali kalau ngeliat hostnya lag. 

Gunakan Alat Bantu Live (Situasional)

Untuk yang ini menurut saya tidak terlalu penting penting banget, jadi bisa sesuaikan dengan kondisi kamu. Alat bantu yang saya maksud diantaranya :

  1. Ringlight untuk pencahayaan (kalau kamu merasa pencahayaan sudah cukup abaikan poin ini). 
  2. Headset untuk komunikasi lebih baik, kamu bisa menggunakan headset agar suara kamu terdengar jelas, tidak terlalu jauh dan juga suara viewers terdengar (saat komal).
  3. Tripod sebagai penyangga handphone supaya kamu tidak capek pegangin hp terus, apalagi sambil jalan jalan, yang nonton ikut puyeng kak :) 
  4. Tempat duduk yang nyaman agar kamu bisa ngelive dengan nyaman, santai, tidak encok-an.
  5. Pemutar lagu yang digunakan sebagai backsound live kamu agar room tidak terlalu hening.


Cobalah untuk memperhatikan hal hal kecil seperti diatas sebelum kamu ngelive agar kamu nyaman live dan juga viewers kamu juga ikut nyaman.

Saat Siaran Langsung

Kalau kalian sudah mempersiapkan diri untuk ngelive, maka saya akan melanjutkan hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan live supaya lebih maksimal.

Bersikap ramah

Salah satu contoh bersikap ramah adalah dengan menyapa saat ada yang masuk ke room kamu. Baik itu viewers baru ataupun viewers lama, usahakan kamu memiliki kesan yang ramah untuk mereka. 

Memulai percakapan ringan

Introduction atau pertanyaan ringan memang hanya sebagai pembuka percakapan, namun jangan sampai pertanyaan pembuka hanya seperti formalitas saja. 

Beberapa contoh pertanyaan formalitas : 

  • Kamu pertama kali ikut live aku ya? 

Tanpa ditanya seharusnya kamu lebih tahu siapa viewers kamu. Jadi pertanyaan ini sebenarnya tidak penting banget.

  • Kamu stay dimana?

Emangnya mau samperin kalau tahu stay dimana?

Ada beberapa orang yang membatasi antara real life dengan live streaming. Kalau kamu memang mau tahu, setelah viewers kamu sudah agak akrab nanti kamu bisa tahu sendiri.

  • Kamu orang mana? 

ya jelas Indonesia lah, ngapain juga bule masuk dan kamu ajak ngomong bahasa Indonesia? yah gak bakalan nyambung lah.. Kalau ada mah paling nungguin Lucky Bag.. wkwk..

Contoh pertanyaan diatas sangat basi dan saya kerap males buat nanggapi pertanyaan seperti itu. Kesannya cuman sekedar formalitas aja. 

Mempersiapkan topik pembahasan dari percakapan ringan

Pada saat pertanyaan ringan tersebut, gunakan jawaban dari viewers kamu untuk melanjutkan pembahasan selanjutnya. Ada beberapa viewers yang aktif, dan tidak sedikit juga viewers yang pasif (atau cuman diam aja). Oleh karena itu, cobalah membuat percakapan yang berkelanjutan dengan viewers kamu, biar room kamu tidak hening seperti goa.

Ajak viewers kamu berinteraksi dengan viewers yang lain

Saat live, mungkin ada beberapa viewers yang bertanya dan ngajak kamu untuk ngobrol namun, jangan sampai kalian itu asik berdua seolah-olah dunia cuman milik kalian berdua. Usahakan agar mengajak viewers lainnya ikut dalam topik pembahasan kalian supaya tidak viewers lainnya tidak merasa dicuekin. 

Rasanya gimana coba dicuekin? pindah room lain lahh, host bukan kamu saja! Helow~

Usahakan untuk kamu yang mengarahkan topik pembahasan

Memang topik kadang bukan dari host saja memang lebih baik jika ada komunikasi timbal balik antara host dengan viewers.

Jangan sampai room kamu seperti pasar malam, viewers A bahas ini, viewers B bahas itu, akhirnya saling ngobrol sendiri viewersnya (khususnya untuk yang ngelive di apk yang menyediakan komal). Bagi viewers baru join ke room kamu melihat kondisi room kamu seperti pasar rame, skip dah.. pusing.. 

Gunakanlah bahasa yang baik, sopan dan dimengerti semua orang

Memang untuk user livestreaming adalah umumnya adalah kaum muda sekitar 17 - 35 tahun. Sebagai Anak muda jaman now gak heran untuk dengar dan ngomong dengan bahasa kasar / kotor. Tapi jangan kamu ikut terbawa pada saat ngelive!! kamu harus membawakan image yang baik. 

Gunakanlah bahasa Indonesia yang dimengerti semua viewers kamu, menggunakan bahasa yang tidak dimengerti oleh beberapa viewers kamu membuat pemikiran dia tentang topik yang kamu bicarakan jadinya negatif. 

Lagi bilangin gua kah? Apakah ini rahasia yang cuman kalian yang tau? Nah, pemikiran pemikiran seperti itulah yang muncul jika kamu tidak menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi dengan salah satu viewers kamu (meskipun ini terlihat seperti Ge Er aja atau baper).

Saya tidak bilang ini harus menggunakan bahasa baku sesuai KBBI loh yaa..

Kamu cukup mengurangi bahasa bahasa daerah, apalagi bahasa berbau toilet, binatang, atau kelamin. 

Tidak semua orang nyaman dengarnya!!

Ingat dan kenalin viewers kamu

Mengingat viewers memang tidak gampang, apalagi untuk kamu yang memiliki banyak viewers. Berdasarkan psikologi, manusia akan lebih bangga jika diingat dan dikenal. Mungkin kamu tidak mengingatnya apabila viewers tersebut hanya 1 kali atau 2 kali mampir ke room kamu. Tapi jangan sampai kamu mengulang-ulang intro yang sama! 

Lu aja gak ingat gue, ngapain juga gue ingat elu..

Kurangi hal yang tidak penting

Lebih fokus pada live saya maksudkan disini jangan sampai pada saat live kamu ilang ilang kek ninja, memang kadang kebelet kencing atau ingin BAB, namun usahakan jangan terlalu sering meninggalkan live kamu. 

Jika kamu terpaksa meninggalkan live kamu, maka usahakan ada yang menjadi co-host atau wakil kamu menyapa viewers yang masuk dan meberitahu kamu sedang kemana. 

Selain ilang ilang, kamu juga jangan sok sibuk sendiri contoh lagi ngelive sambil kerja, atau lagi ngelive sambil melakukan kegiatan yang lain yang menghalangi kamu untuk berinteraksi dengan viewers. 

Lain cerita kalau kamu memang host konten seperti konten nyanyi, konten masak, atau konten game. 

Jangan mengabaikan pascol atau viewers level kecil

Pesan dari saya untuk para host untuk tidak mengabaikan pascol atau akun level kecil. Bisa saja, pascol tersebut adalah spender besar yang sedang keliling atau bisa jadi akun level kecil tersebut adalah spender dari aplikasi lain atau mungkin saja pascol tersebut sedang melihat atau mencari room stay nya. 

Jika kalian mengabaikan pascol , maka peluang kalian mendapatkan viewers setia akan semakin kecil. 


Silakan kamu coba praktekan hal simpel diatas, saya rasa kalau kamu sudah mempraktekan hal simpel diatas, target minimal bukanlah mustahil!!