Ciri ciri Friendzone dan Cara Mengatasinya

Wira N' Shan
September 01, 2022
0 comments
Ciri ciri Friendzone dan Cara Mengatasinya

Sudah lama PDKT, tapi tak kunjung "resmi"? Hati hati Friendzone!!

Friendzone merupakan sebuah hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang dimana salah satunya hanya ingin hubungannya cukup sebatas teman saja. 

Zona Friendzone tentunya tidak nyaman bagi kamu yang saat ini tengah ngebet ingin segera memiliki status resmi. Apalagi dia ada cowok / cewek lain yang secara terang-terangan tertarik dengan dia dan dia memberikan respon yang sama bahkan lebih daripada ke kamu. 

Ciri Ciri Friendzone

Nah, berikut ini saya rangkum beberapa ciri-ciri friendzone yang sebenarnya mudah untuk dikenali, atau bahkan kamu sendiri juga merasakan hal yang sama?

1. Kamu diperlakukan sama dengan teman lainnya

2. Sedikit waktu yang kalian habiskan berdua dan bahkan dia selalu mengajak temannya.

3. Dia enggan dan selalu mengalihkan pembahasan saat kamu mencoba membahas hal yang lebih serius tentang hubungan kalian.

4. Dia seolah tidak mengerti dan tidak terpancing dengan kode kode yang kamu berikan.

5. Dia tak pernah memperhatikan kamu secara detail, dan perhatiannya hanya seperti basa basi belaka.

Mengapa bisa terjebak di Friendzone?

Umumnya friendzone terjadi karena saat seseorang yang kita sayangi tidak memberikan respon yang sama seperti yang kita rasakan. Adapun beberapa penyebab terjebak di zona friendzone :

1. Dia belum mau berkomitmen dan terkekang

Ada beberapa orang yang memiliki konsep ingin bebas. Meskipun banyak cowok / cewek yang tidak posesif terhadap pasangannya. Tapi dengan adanya sebuah hubungan dia mungkin merasa sedikit membatasi kebebasannya.

2 .Kamu tidak sesuai kriteria dia

Karena kamu bukan kriteria atau cowok / cewek yang dia idamkan selama ini, sehingga dia enggan untuk melanjutkan. Dia merasa cukup hanya sebatas teman dengan kamu, tak bisa dia jelaskan dengan kata kata sehingga dia tunjukan dengan tindakan.

3. Sudah terlalu lama kalian berteman

Berteman terlalu lama memang masih menjadi sebuah kontra dimana ada yang merasa lebih baik sama orang yang sudah lama kenal, sudah tau baik buruknya, daripada orang baru yang berpura-pura menjadi baik selama sesaat. 

Namun, ada juga yang merasa sudah kenal dengan buruk buruk nya kamu, sehingga merasa ngak banget deh.. 

4. Tidak mau merusak hubungan persahabatan

Sebenarnya ini sebuah alasan clasic banget, namun bagi beberapa orang saat hubungannya gagal dia akan menghilang selama-lamanya. Oleh karena itu, dia enggan untuk berharap lebih dari kamu. 

Cara Mengatasi Friendzone

Pastinya ngerasain frienzone ini gak enak banget. Tapi kamu tidak bisa selamanya terjerat friendzone, terlalu sayang waktu muda kamu yang akhirnya tidak kunjung menjadi sebuah hubungan yang serius. 

Akan sangat terlambat ketika dia sudah memiliki orang lain disisinya. Oleh karena itu, kamu harus segera bertindak saat kamu merasa hubungan kalian sudah mengarah ke friendzone.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan untuk segera melepas masa Friendzone kalian.

Kumpulkan keberanian untuk mengungkapkan perasaan kamu

Jangan berpikir terlalu jauh, karena mungkin saja dia sebenarnya juga merasakan hal yang sama, namun dia tidak tahu bagaimana cara menanggapinya. Atau mungkin dia tidak terlalu frontal karena dia juga takut kamu yang tidak memiliki perasaan kepada dia. Oleh karena itu, beri tahu dia perasaan yang selama ini kamu miliki, apakah perasaan ini juga dirasakan olehnya? atau memang dia selama ini kamu tidak masuk dalam kriteria dia?

Hargai keputusannya

Setelah kamu mengungkapkan perasaannya, mungkin kamu bukan seseorang yang dia harapkan. Sebenarnya dia juga ada merasa tidak enak telah menolak kamu, oleh karena itu kamu harus lebih berlapang dada untuk menghargai apapun keputusannya. 

Jika dia akhirnya memilih kamu, saya ucapkan "selamat" untuk kalian, semoga awet dan bisa sampai tahap selanjutnya.

Berikan waktu untuk diri kamu sendiri

Luapkan kesedihanmu, tak perlu kamu tahan atau pendam. Tapi ingat, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan kamu. Diluar sana masih banyak yang memiliki peluang bersamamu. Berdasarkan hasil penelitian, setiap orang berkesempatan bertemu 3x orang yang serius sama kamu. Oleh karena itu, jangan terlalu berkecil hati, jangan buang masa muda mu.

Melakukan aktifitas lain dengan menyibukan diri

Kamu masih belum bisa move-on karena dia? alihkan pikiran kamu dengan hal hal positif lainnya. Kamu bisa menggunakan waktu luang kamu untuk rileks, olahraga ataupun pergi liburan. 

Ingatlah bahwa cinta itu tidak bisa dipaksakan.